Tingkatkan Kualitas Penelitian, Dosen FKIP Unkhair Ikuti Pelatihan Analisis Data

Sebanyak 45 dosen dari 10 Program Studi (Prodi) dilingkungan FKIP mengikuti pelatihan analisis data yang bertempat di Aula Mini lantai 2 gedung FKIP Unkhair pada Sabtu, (26/10) akhir pekan kemarin.

Kegiatan yang  bertujuan meningkatkan kompetensi dosen dibidang pengolahan data penelitian ini, dibuka dekan FKIP Unkhair Dr. A.R. Tolangara, M.Si. Dihadapan para peserta dekan berharap kegiatan ini nantinya dapat meningatkan kuliatas, kemapuan serta ketrampilan dosen di lingkungan FKIP Unkhair dalam mengolah data penelitian.

“Pemahaman dalam menganalisis data bagi sebagian dosen disini (FKIP Unkhair) belum terlalu dalam, jadi dengan adanya kegiatan ini saya berharap dapat memiliki bekal bagi dosen untuk meningkaktan kulaitas dalam menganailisis data penelitian. Selain itu juga dapat membantu mahasiswa dalam penelitian akhirnnya” ujar dekan.

Dekan FKIP Unkhair, Dr. A.R. Tolangara, M.Si saat memberikan sambutan

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Dr. Kartono, M.Si dari UPBJJ UT Jakarta. Pelatihan ini dibagi dalam dua sesi yakni sesi teori dan sesi praktek. Dimana dalam sesi teori Dr. Kartono memberikan materi terkait langkah pengujian pada beberapa sampel masalah.

Usai pemberian materi kegiatan dilanjutkan dengan praktek analisis data menggunakan aplikasi SPSS di laboratorium komputer. Terlihat para peserta cukup antusias mengikutinya, salah satunya dosen prodi pendidikan Geografi Kusrini, S.Si, M.Si. Menurutnya kegiatan ini cukup positif bagi pengembangan dosen dalam mengolah data penelitian.

“Menurut saya pelatihan ini bagus sekali bagi pengembangan dosen dan saya berharap bisa dikembangkan lagi” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan Abdulhalim Daud, M.Pd dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Dirinya mengatakan kegiatan ini baginya sangat  penting namun dirinya berharap kedepan waktu kegiatannya ditambah sehingga materi praktek yang diberikan tidak sekaligus tetapi dibagi dalam beberapa materi.

“Jadi kalau diberikan satu atau dua materi saja dulu, itu bagi saya lebih baik setelah itu baru dapat dilanjutkan kembali” papar Halim. (chn)

Suasana praktek analisis data di laboratorium komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *