Sosialisasi PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan Tahun 2020

Pendidikan Profesi Guru (PPG) hadir untuk merealisasikan amanah undang-undang dalam rangka penyiapan guru profesional. PPG dikembangkan dengan mengacu kepada Standar Pendidikan Guru yang mencakup standar pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat. Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab tahun 2019 merupakan program maju bersama mencerdaskan Indonesia (MBMI) untuk menghasilkan guru yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran, menindak lanjuti hasil penilaian, melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik serta melakukan penilaian dan mampu mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.

Pada Tahun 2018-2019, Universitas Khairun melaksanakan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan dan dalam Jabatan. Secara umum pelaksanaan PPG di FKIP Universitas Khairun berjalan dengan baik dan lancar, meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Oleh karena itu, besar harapan kami jika pelaksanaan PPG ke depan semakin baik dan memadai sesuai standardisasi mutu penyelenggaraan sertifikasi guru.

Tujuan program PPG, seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 87 Tahun 2013 (sebagai pengganti Permendiknas No 8 Tahun 2009) adalah menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran, menindaklanjuti hasil penilaian, melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik serta melakukan penelitian, dan mampu mengembangkan profesionalisme secara berkelanjutan.

Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat (3) yang telah diamandemen, menyatakan bahwa Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang. Untuk mewujudkan amanat tersebut, Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan, antara lain Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru, serta Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru.

Menurut UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan Profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program Sarjana yang mempersiapkan peserta memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Dengan demikian, program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan bagi lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non-Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar mereka dapat menjadi guru profesional setelah mereka memenuhi syarat-syarat tertentu sesuai dengan standar nasional pendidikan dan memperoleh sertifikat pendidik

Untuk menjamin ketercapaian kompetensi utuh sebagai guru professional melalui program PPG, telah ditetapkan kebijakan untuk melakukan uji kompetensi sebagai bagian tak terpisahkan dari pelaksanaan PPG, yang selanjutnya disebut Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG). Mahasiswa yangtelah selesai mengikuti PPG harus menempuh UKMPPG yang diselenggarakan secara nasional, yang mencakup dua mata uji utama yakni Uji Pengetahuan (UP) dan Uji Kinerja (Ukin).

Download :

App Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2020

BROSUR PPG Universitas Khairun

Mansur Solaiman : Devisi Data Dan IT PPG Universitas Khairun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *