SMA Negeri 1 Kota Ternate Juara Olimpiade Biologi Piala Bergilir Rektor Universitas Khairun

FKIP.UNKHAIR.AC.ID – Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun telah usai menggelar Olimpiade Biologi Universitas Khairun perebutan piala Rektor dengan kompetisi berfokus pada bidang sains khususnya Biologi ditingkat SMA/MA  dan SMK se-Maluku Utara yang dilaksanakan di Aula Banau Kampus 1 FKIP Universita Khairun. Kamis, 04 November 2021.

Rektor (Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum) menutup secara resmi Olimpiade Biologi Universitas Khairun, dimana Rektor di dampingi lansung oleh Dekan FKIP (Dr. Abdulrasyid Tolangara, S.Pd.,M.Si) serta Dosen Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan seluruh panitia yang tergabung dalam kegiatan tersebut. Rektor mengapresiasi pagelaran Olimpiade Biologi yang digelar oleh Prodi Biologi FKIP UNKHAIR. Olimpiade Biologi merupakan program FKIP, khususnya Prodi Biologi untuk pertama kalinya di UNKHAIR dengan Piala simbol berupa piala rektor. “Sebagai pimpinan saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi terhadap ade-ade kita siswa-siswi dari SMA Negeri dan swasta yang jumlahnya 160-an peserta. Ini merupakan angka yang cukup banyak dan Alhamdulillah dengan proses yang sangat ketat sehingga anak kandung dari Dekan FKIP dan Wakil Dekan II bahkan tidak bisa keluar sebagai juara,” kata Rektor.

Rektor berharap dengan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat memacu sekolah-sekolah di Maluku Utara, dan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara diharapkan memberikan semacam apresiasi juga kepada siswa dan siswi yang berhasil mendapatkan juara pada event seperti Olimpiade Biologi. Tidak hanya itu Rektor UNKHAIR juga berharap kedepan bisa bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Malut untuk memacu bidang ilmu yang lain untuk melakukan olimpiade di bidang ilmu masing-masing sehingga Provinsi Maluku Utara bisa menyiapkan secara dini siswa/i untuk mengikuti event-event Olimpiade tingkat Nasional pada semua bidang ilmu untuk tingkat SMA.

Tujuan pelaksanaan Olimpiade Biologi Universitas Khairun ini berkompetisi pada bidang sains khususnya biologi dan membangun semangat literasi sains biologi generasi uda Maluku Utara untuk menghadapi demografi tahun 2045. Olimpiade Biologi ke-1 Universitas Khairun Tahun 2021 ini sasarannya pada siswa SMA/MA dan SMK se Maluku Utara. Tema Kompetisi Olimpiade Biologi Piala Bergilir Rektor Universitas Khairun Tahun 2021 adalah ”Merajut Semangat Generasi Muda Melalui Ilmu Biologi Sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”. Olimpiade Biologi Universitas Khairun ini dilaksankan mulai tanggal 01 sampai dengan 04 November 2021, dimana tempat pelaksanaannya di Aula Banau Kampus 1 FKIP Kota Ternate Utara, tandas ketua panitia (Dr. Abdu Mas’ud, S.Pd.,M.Pd) saat di temui di ruang kerjanya.

Juara 1 dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Kota Ternate a.n. Ferdiansyah Ambar dan mendapatkan bonus sebesar Rp. 1.000.000 dan piala yang diserahkan lansung oleh Rektor Universitas Khairun (Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum), juara 2 diraih oleh MAN 1 Tidore a.n. Dihyan Rahmania dan mendapatkan bonus sebesar Rp. 800.000, juara 3 diraih oleh MAN Insan Cendekia Halmahera Barat a.n. Nurkhalis Sapsuha dan mendapatkan bonus sebesar Rp. 600.000, harapan 1 diraih oleh MAN 2 Halmahera Utara a.n. Fitriyani Ridwan dengan bonus Rp. 500.000, harapan 2 diraih oleh SMA Negeri 8 Kota Ternate a.n. Kalyani Dewi dengan bonus Rp. 400.000, dan harapan 3 di raih oleh MAN 1 Tidore a.n. Meliana Tindari dengan bonus Rp. 300.000.

Para pemenang olimpiade biologi Universitas Khairun masing-masing pemenang juga mendapatkan bonus uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.