Workshop Hibah Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS)

Untuk menghasilkan generasi Indonesia yang unggul dan berkarakter, maka generasi tersebut harus disiapkan secara berjenjang. Dimana generasi yang unggul dihasilkan melalui pendidikan dengan guru-guru yang unggul, sementara guru-guru yang unggul dihasilkan oleh LPTK yang unggul. Demikian disampaikan Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr. Hasan Hamid, M.Si  ketika menjadi pembicara pada Workshop Hibah Pengugasan Dosen ke Sekolah (PDS) FKIP Unkhair di Aula Mini lantai 2 gedung FKIP pada Rabu (18/9).

Menurut Wakil Dekan I, tujuan diselenggarakannya program PDS ini adalah  untuk memberikan pengalaman dosen LPTK dalam memahami perkembangan dan karakterisik siswa disekolah serta mengelola pembelajaran yang mendidik disekolah. Selain itu dapat menghasilkan perangkat pembelajaran yang kolabortif antara dosen LPTK dan para guru yang berada di sekolah mitra. Serta dapat menguatkan hubungan kemitraan antara LPTK dengan sekolah mitra dalam berbagai bentuk program peningkatan kualitas pembelajaran dan pelaksanaan PPL.

“Program hibah PSD ini berdasarkan seleksi yang dillakukan oleh Ditjen Belmaw Dikti kepada seluruh LPTK di Indonesia baik negeri maupun swasta yang alhamdulillah, tahun ini FKIP Unkhair kembali memperoleh Hibah PDS tersebut untuk kali kedua, jadi sudah dua tahun berturut-turut kami menerimanya.” ujar Wadek I bangga.

Pada kegiatan PDS tahun 2018 lalu, kata wadek I telah memberikan dampak positif yang cukup besar bagi dosen LPTK dan guru di sekolah mitra. Untuk itu dirinya berharap PDS tahun ini juga dapat memberikan hal positf seperti tahun sebelumnya.

Sementara itu dekan FKIP Unkhair, Dr. A.R Tolangara, M.Si ketika membuka workshop PDS berharap kegiatan ini dapat membantu para guru di sekolah mitra terutama para guru yang akan mengurus kenaikan pangkat.

“Melalui program Hibah PDS ini, kami akan mengirimkan dosen ke sekolah-sekolah mitra untuk berkolaborasi dengan para guru selama 2 bulan. Nah, nantinya dalam kegiatan tersebut mereka (dosen dan guru) juga akan berkolaborasi membuat perangkat  pembelajaran dan juga akan membuat PTK sebagai sebuah karya tulis ilmiah” sebut dekan.

Dekan mengatakan selama ini ada sebagian guru-guru yang akan mengurusi kenaikan pangkatnya selalu terkendala dengan PTK, sehingga melalui kegiatan ini masalah tersebut dapat terselesaikan.

Untuk Hibah PDS tahun ini, FKIP Unkhair akan berkolaborasi dengan 4 mitra sekolah diantaranya, SMN 8 Kota Ternate, SMAN 4 Kota Ternate, SMPN 4 Kota Ternate serta SDN 1 Kota Ternate. (chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *