Tim Peneliti FKIP Unkhair Hasilkan Hand Sanitizer Berbahan Cengkeh

FKIP UNKHAIR – Peneliti Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun membuat alternatif produk sabun antiseptic (hand sanitizer) dengan kandungan berbahan alami exstrak tangkai bunga Cengkeh, kandungan ini menjadikan hand sanitizer ini lebih ampuh membunuh virus, jamur dan bakteri.

Produk Hand Sanitizer dikembangkan oleh Dr. Dharmawaty M.Taher, S.Pd, M.Si, Dr. Sundari, M.Pd., Dr. Abdu Mas’ud, M.Pd., Nurhasanah S.Si.M.Si dan Dr. Abdurasyid Tolangara,S.Pd.M.Pd. Saat di wawancara diruang kerjanya Dr. Dharmawaty mengatakan formula hand snitazer banyak diambil dari bahan baku cengkeh yang tidak terpakai lagi oleh petani cengkeh sedangkan bahan dasar lainnya terdiri dari alcohol 70%, air, aloevera dan dari bahan lainnya yang direkomendaikan BPPOM. Hand Sanitizer telah diuji oleh tim peneliti secara terpadu dengan menggunakan fasilitas laboratorium yang tersedia di Universitas Khairun.

Cengkeh

Pembuatan hand sanitizer sendiri bermula dari bahan praktikum mahasiswa dengan mata kuliah bioteknologi dasar program studi pendidikan biologi, pada praktikum ini mahasiswa diajarkan membuat bahan kimia untuk keperluan sehari hari, oleh karena kebutuhan antiseptic untuk penyanitas tangan yang begitu tinggi dan langkanya barang yang disediakan oleh apotek di wilayah Kota Ternate akibat dari mewabahnya virus corona akhirnya tim peneliti dari Laoratorium FKIP UNKHAIR mencoba memproduksi hand sanitizer dalam jumlah yang banyak, dengan mendapat dukungan dari LPPM Universitas Khairun sebagai penyedia bahan dasar lainnya.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Abdurasyid Tolangara, S.Pd, M.Si ketika ditemui diruang kerjanya menjelaskan ide awal pengembangan produk ini bermula ketika mulai menipisnya stok hand sanitizer di pasaran akibat tingginya permintaan, menyusul merebaknya penyebaran penularan wabah Corona Virus (Covid-19) di Indonesia khususnya di Maluku Utara dan untuk kesiapsiagaan sivitas  akademika Universitas Khairun dalam memenuhi kebutuhan stok hand sanitizer untuk digunakan di beberapa lokasi kampus UNKHAIR. Hari ini Selasa 17 Maret 2020 kami membagikan secara gratis ke masyarakat kampus sesuai ketersediaan stok yang ada ucap Dekan FKIP. selain itu hand sanitizer ini juga dibagikan di lingkungan Bandara Udara Sultan Babullah Ternate karena bandara adalah pintu keluar masuk ke wilayah Kota Ternate sekaligus jarak antara bandara dengan kampus sangatlah dekat.

Setelah dibagikan ke pihak luar yakni masyarakat di lingkungan bandara Sultan Babullah Ternate, banyak yang datang bertanya apakah stok masih tersedia atau tidak, untuk itu tim peneliti FKIP UNKHAIR bersama LPPM UNKHAIR akan mencoba menyediakan 100 botol mini untuk dibagikan secara gratis kepada masyarkat kampus maupun masyarakat pada umumnya dalam waktu dekat, lanjut Abdulrasyid Tolangara, kami bersama tim peniliti siap mengembangkan produk hand sanitizer ini dengan jumlah yang lebih banyak jika ada dukungan dari pihak lainnya yang bersedia menyuplai bahan baku untuk kebutuhan produk tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *