Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur UTBK-SBMPTN Mulai 23 Maret 2022

UNKHAIR.AC.ID – Pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri tahap II jalur seleksi UTBK untuk SBMPTN 2022 dibuka mulai tanggal, 23 Maret 2022 sampai dengan tanggal, 15 April 2022. Peserta yang mendaftar ditahap ini adalah mereka yang telah memiliki akun LTMPT. Peserta jalur seleksi UTBK- SBMPTN akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer yang akan diselenggarakan oleh kampus kampus negeri diseluruh Indonesia. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan menjadwalkan pendaftaran UTBK-SBMPTN dimulai tanggal, 23 Maret 2022 pukul 15.00 WIB.
Peserta UTBK-SBMPTN 2022 adalah siswa lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat angkatan 2020,2021 dan 2022 yang tidak mendaftar pada jalur SNMPTN 2022. Semua peserta UTBK-SBMPTN 2022 telah memiliki akun LTMPT. Jika belum memiliki akun LTMPT kami sarankan agar mengikuti jalur Mandiri Unkhair yang akan dibuka pada tanggal, 04 April sampai dengan 20 JUni 2022.

Untuk diketahui bagi siswa yang sedang mengikuti jalur SNMPTN Tahun 2022, pendaftaran jalur UTBK-SBMPTN 2022 dapat dilakukan setelah pengumuman SNMPTN di tanggal, 29 Maret 2022 dan dinyatakan belum diterima pada jalur SNMPTN 2022.  Siswa angkatan 20212 yang tidak diterima dijalur SNMPTN 2022 harus mendaftar lagi di jalur UTBK-SBMPTN dengan akun yang telah dimiliki. Bagi yang telah diterima dijalur SNMPTN 2022, maka keikutsertaan peserta tersebut di UTBK-SBMPTN tidak akan diproses.

Berikut tahapan pendaftaran UTBK untuk SBMPTN 2022.

  • Registrasi Akun : Registrasi Akun wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SBMPTN dengan menggunakan NISN,NPSN serta tanggal lahir melalui laman htpps://portal.ltmpt.ac.id
  • Login : Dengan akun yang dimiliki peserta mengakses ke laman htpps://portal.ltmpt.ac.id
  • Memilih menu verifikasi dan validasi data : proses ini akan diminta pengisian biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata.
  • Memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022; proses ini para peserta harus melengkapi biodata, kemudian memilih program studi, mengunggah portofolio bagi jurusan khusus, selanjutnya memilih pusat pelaksanaan UTBK di kampus terdekat atau sewilayah dengan tempat tinggal peserta, selanjutnya peserta mendapatkan slip pembayaran.
  • Membayar di bank ; para peserta UTBK-SBMPTN melakukan pembayaran di bank BTN, BANK MANDIRI, Bank BNI, dan Bank BRI. Pembayaran dilakukan paling lambat 1x 24 Jam.
  • Melakukan login kembali ; Peserta yang telah membayaran biaya pendaftaran diminta untuk segera melakukan login kembali ke laman htpps://portal.ltmpt.ac.id dengan akun yang telah dimiliki untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  • Mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK); Jadwal pelaksanaan UTBK sesuai informasi di kartu peserta UTBK-SBMPTN 2022.

Siswa SMK/MA/SMK/ Sederajat lulusan tahun 2022 membawa surat keterangan identitas pelajar dari sekolah sekurang kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
Pada tahapan memilih program studi, para peserta UTBK akan diminta untuk memilih program studi sesuai minat, Universitas Khairun membuka peluang 36 Program Studi pilihan sesuai dengan jurusan Saintek dan Soshum. Berikut 8 Fakultas beserta program studi yang ada di Universitas Khairun:

  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan;   PEND. MATEMATIKA, 2. PEND. BIOLOGIPEND. FISIKAPEND. KIMIAPPKN, PEND.BAHASA INDONESIA, PEND. BAHASA INGGRISPEND. GEOGRAFIPGSD S1PG PAUD.
  2. Fakultas Hukum ; ILMU HUKUM
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis; 1. EKONOMI PEMBANGUNAN, 2. MANAJEMEN, 3. AKUNTANSI
  4. Fakultas Pertanian ; 1. TEKNOLOGI PERTANIAN, 2. PETERNAKAN, 3. AGROTEKNOLOGI, 4.. KEHUTANAN, 5. AGRIBISNIS. 6. ILMU TANAH
  5. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ; 1. MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN, 2. ILMU KELAUTAN, 3. PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERAIRAN, 4. BUDIDAYA PERAIRAN
  6. Fakultas Ilmu Budaya; 1. ILMU SEJARAH, 2. SASTRA INDONESIA, 3. SASTRA INGGRIS. 4. ANTROPOLOGI SOSIAL.
  7. Fakultas Teknik ; 1. TEKNIK SIPIL, 2. TEKNIK MESIN, 3. TEKNIK ELEKTRO, 4. ARSITEKTUR. 5. TEKNIK INFORMATIKA, 6. TEKNIK PERTAMBANGAN.
  8. Fakultas Kedokteran; 1. Pendidikan Dokter, 2. Farmasi

Untuk pilihan program studi, setiap peserta UTBK-SBMPTN diperbolehkan memilih dua program studi pada satu Universitas (PTN) atau masing masing satu program studi pada dua Universitas (PTN). Bagi peserta KIP Kuliah pilihan program studi pada UTBK-SBMPTN harus sesuai dengan pilihan pada pendaftaran KIP Kuliah. Adapun kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3, yaitu Saintek, Soshum, dan Campuran. Berikut ketentuannya: Peserta yang akan memilih prodi Saintek maka mengikuti TPS (Bahasa Inggris) dan TKA Saintek dengan materi ujian Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Alokasi waktu ujian untuk kelompok Saintek adalah 195 Menit.

Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS (Bahasa Inggris) dan TKA Soshum dengan materi ujian Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Alokasi waktu ujian untuk kelompok Soshum adalah 195 Menit. Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum. Alokasi waktu ujian untuk kelompok campuran selama 285 Menit.

Pelaksanaan UTBK untuk SBMPTN 2022.
Ujian tulis berbasis computer akan dilaksanakan dalam 2 gelombang. Satu gelombang kegiatan ujian selama 7 hari pelaksanaan. Setiap hari terdapat 2 sesi pelaksanaan ujian yakni sesi pagi dan sesi siang. Pelaksanaan ujian gelombang 1 akan dimulai tanggal, 17 Mei 2022 dan berakhir pada tanggal, 23 Mei 2022. Untuk pelaksanaan gelombang ke 2 akan dimulai pada tanggal, 28 Mei sampai dengan 03 Juni 2022.

Jadwal umum pelaksanaan UTBK : Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 23 Maret sampai dengan 15 April 2022. Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 : 17 sampai 23 Mei 2022. Pelaksanaan UTBK Gelombang 2 : 28 Mei sampai 03 Juni 2022. Pengumuman Hasil UTBK-SBMPTN 2022 : 23 Juni 2022.

Biaya UTBK 2022. Ketentuan terhadap pembiayaan UTBK bagi peserta sebagai berikut:
Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum.
Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.
Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, BTN, atau BRI.

Berikut tata cara pembayaran biaya UTBK melalui BANK. Silakan di unduh;

Bank Mandiri
Tata Cara Pembayaran Biaya UTBK 2022 Bank Mandiri

Bank BNI
Tata Cara Pembayaran Biaya UTBK 2022 BNI

Bank BRI
Tata Cara Pembayaran Biaya UTBK 2022 BRI

Bank BTN
Tata Cara Pembayaran Biaya UTBK 2022 BTN

Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun
Calon peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya. Informasi detail tentang KIP Kuliah dapat dilihat pada website Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di laman https://puslapdik.kemdikbud.go.id/   Editor : Suratin/ Sumber: LTMPT. Humas Universitas Khairun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.