FKIP Unkhair Perdana Terapkan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)

Kebijakan MBKM, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bertujuan mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (KBKM) memberikan kesempatan bagi mahasiswa memiliki pengalaman belajar lain di luar program studinya. Kunci keberhasilan perguruan tinggi dalam mengimplementasikan kebijakan ini adalah adanya kurikulum yang adaptif dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya. Kita yakin bahwa pembelajaran dapat terjadi di manapun, semesta belajar tak berbatas, tidak hanya ada di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium, tetapi juga di desa, industri, tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat. Melalui interaksi yang erat antara perguruan tinggi dengan dunia kerja, dengan dunia nyata, maka perguruan tinggi akan hadir sebagai mata air bagi kemajuan dan pembangunan bangsa, turut mewarnai budaya dan peradaban bangsa secara langsung.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun menjawabnya dengan mulai menerapkan program MBKM di semester Genap tahun akademik 2020/2021, melalui kegiatan Asistensi Mengajar di sekolah praktik. Setelah di tahun sebelumnya (Tahun 2020) dua program studi pada FKIP memenangkan Hibah Penerapan Kerjasama Kurikulum MBKM dari Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ristekdikti, yakni Prodi Pendidikan Biologi dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Di semester genap ini, ada 8 mahasiswa dari prodi Pendidikan Biologi dan 5 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang mengambil kegiatan Asistensi Mengajar sebagai wujud implementasi Reorientasi kurikulum teradaptasi MBKM.

Kepala UPT-PPL (Dra. Hasna Ahmad, M.Si)

Ditemui di sela-sela kegiatan pembekalan Program Praktek Pengalaman Lapang (PPL-2), Dra. Hasna Ahmad, M.Si sebagai Ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT) PPL-2 FKIP mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan sekolah praktik, Dinas Pendidikan Kota Ternate, dan program studi terkait pelaksanaan MBKM ini. Masa pelaksanaan Asistensi Mengajar bagi mahasiswa yang mengambil program Merdeka Belajar selama 4-6 bulan, lebih lama dibanding waktu pelaksanaan PPL-2 Reguler, sehingga diharapkan mahasiswa peserta MBKM dapat memperoleh wawasan nyata sebagai Guru di sekolah praktik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *