Era Digital: Pendidik yang Sukses adalah Pendidik yang Memahami Perkembangan Zaman

BIOLOGI.UNKHAIR.AC.ID – Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun (FKIP UNKHAIR) menggelar “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran” yang bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Maluku Utara, kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari terhitung dari tanggal 6-8 Desember 2021.
Prodi biologi bergerak cepat di Era digitalisasi dengan menyelenggarakan pelatihan ini dan tak main-main menghadirkan Narasumber yang pakar di bidang Media. Pakar yang dihadirkan adalah seorang Guru yang bersertifikat “Google Certified Trainer” dan “Quizizz Super Trainer 2021”yakni Kelik Yan Pradana. Sementara Narasumber kedua seorang Guru yang berasal dari Ambon yang juga pakar di bidang media “Classroom” dan juga menjabat sebagai Waketum Regional V (Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat) GMT Indonesia, yakni Nurdin Achmad. Pelatihan kali ini tidak seperti biasanya, karena menghadirkan pemateri secara luring maupun daring, room zoom menjadi salah satu alternatif terselenggaranya kegiatan ini. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari yang dilanjutkan melalui whatsapp grup dan classroom, peserta yang lulus akan diberikan sertifikat 32 JP sedangkan peserta yang tidak lulus medapatkan sertifikat sebagai partisipan.

Koordinator Program Studi, Dr. Dharmawaty M Taher, M.Si, dalam penyampaiannya melaporkan jumlah peserta yang hadir di ruang zoom sebanyak 389 orang dari Sabang sampai Merauke. Beliau juga mengatakan bahwa, saat ini kita semua dihadapkan di era informasi dan komunikasi tidak terkecuali di bidang pendidikan, sangat penting.. dimana semua harus mampu mengkomunikasikan data dan fakta yang berbasis teknologi, kemampuan untuk pembuatan atau penggunaaan media di masa pendemi ini sangat penting karena dapat memberikan manfaat terutama pada guru, dosen, dan mahasiswa”.
“Antusiasme peserta sangat luar biasa, dari sabang sampai merauke,… terlihat dari peserta di ruang zoom yang berjumlah 389 orang, dan terselenggarangnya kegiatan ini merupakan suatau upaya dari perwujudan misi prodi pendidikan biologi menjadi pusat pengembangan pendidikan biologi untuk menghasilkan lulusan yang profesioanl, berkarakter dan unggul di wilayah kepulauan pada Tahun 2025.” Tutupnya dengan penuh semangat Senin (06/12/2021).

Sementara pembukaan dibuka oleh Wakil dekan II Dr. Ade Haerullah, S.Pd., M.Pd, dalam sambutannya beliau memaparkan seberapa pentingnya kegiatan ini, dan sangat berterimakasih kepada Narasumber dan orang-orang dibalik suksesnya kegiatan pelatihan ini. Semoga semuanya antusias dalam mengikuti pelatihan ini.” Tutupnya dengan harapan yang besar
Dalam pelatihan ini, hadir pula dosen-dosen dari Prodi Pendidikan Biologi dan Koordinator Prodi lain, untuk mengatur dan mengelola jalannya diskusi, kegiatan pelatihan dipandu oleh dua orang dosen Prodi Pendidikan Biologi yakni Ibu Ayu, dan Ibu Ningsih. Kegiatan ini juga bisa disaksikan secara langsung (Live) via streaming Youtube dengan link: https://www.youtube.com/watch?v=Z284_TzVq20.
Sampai berjumpa lagi pada kegiatan pelatihan yang diagendakan oleh program studi Pendidikan Biologi maupun Laboratorium Biologi FKIP Universitas Khairun.

#InformasiProgramStudi
#Website Program Studi Pendidikan Biologi
https://biologi.unkhair.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.