Pendaftaran UTBK-SBMPTN Mulai Tanggal 2 – 20 Juni 2020

FKIP UNKHAIR –  Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan pelaksanaan UTBK tetap dilaksanakan, hal ini dapat terlaksana setelah Tim Pelaksana LTMPT mengelurakan Surat Edaran Nomor: 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK Tahun 2020 setelah sempat ditunda proses pendaftarannya.

Setelah registrasi akun LTMPT ditutup pada tanggal 5 April Tahun 2020 pukul 22.00 WIB, dari laman resmi LTMPT tercatat jutaan siswa yang telah melakukan registrasi akun LTMPT, pembuatan akun sendiri oleh siswa calon peserta untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Memperhatikan situasi Nasional berkenaan dengan mewabahnya COVID-19, dan Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 09/SE.LTMPT/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 yang dilakukan penundaan, maka pendaftaran UTBK dan pelaksanaan UTBK akan tetap dilaksanakan, perubahan pelaksanaan UTBK yang tertuang dalam Surat Edaran ini adalah sebagai berikut :

  1. Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS),
  2. Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil 1 (satu) kali tes,
  3. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari,.
  4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi tujuan.
  5. Jadwal Kegiatan UTBK-SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:
    1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Mulai tanggal, 2 – 20 Juni 2020
    2. Pelaksanaan UTBK Mulai tanggal, 5 – 12 Juli 2020
    3. Pengumuman SBMPTN tanggal 25 Juli 2020

Pendaftaran UTBK dilakukan oleh calon peserta UTBK melalui akun yang telah diregistrasi di laman LTMPT, dalam akun LTMPT peserta akan muncul menu pendaftaran UTBK, peserta dapat melakukan pendaftaran sendiri, melengkapi data-data dan memilih lokasi UTBK, waktu pelaksanaan UTBK, untuk peserta yang memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah silakan mendaftar dengan menggunakan nomor pendaftaran yang dikrim ke alamat email peserta KIP Kuliah.

Tujuan dari UTBK:

Ada dua tujuan dari pelaksanaan UTBK

  1. Memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi dengan baik dan tepat waktu
  2. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes.

Biaya UTBK 2020:

Biaya untuk mengikuti UTBK ditanggung oleh peserta sebesar Rp. 200.000 untuk kelompok Saintek dan Soshum dan Rp. 300.000, untuk kelompok ujian campuran. Pembayaran dapat dilakukan di Bank Mandiri, BNI dan BTN.  Bagi Peserta KIP Kuliah tidak dikenakan biaya setelah terdaftar di laman KIP Kuliah dan dengan mendaftar menggunakan nomor peserta KIP Kuliah.

Dengan dikeluarkan surat edaran ini, maka setiap calon mahasiswa yang telah memiliki akun LTMPT agar dapat mempersiapkan diri guna mengikuti pelaksanaan UTBK dibulan Juli mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *