Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun Gelar Seminar Nasional Tahun 2022

FKIP.UNKHAIR.AC.ID – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun melalui panitia semnas telah menggelar Seminar Nasional Pendidikan dalam rangka memperingati “Hari Pendidikan Nasional 2 Mey 2022” pada tanggal 25 Juni 2022 yang berlansung di Aula Mini Kampus 1 FKIP Universitas Khairun Kota Ternate Utara dan secara daring melalui virtual zoom meeting dengan fokus dan ruang lingkup pada bidang:

  1. Pendidikan Bahasa Indonesia
  2. Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Pendidikan Kewarganegaraan
  4. Pendidikan Matematika
  5. Pendidikan Fisika
  6. Pendidikan Biologi
  7. Pendidikan Geografi
  8. Pendidikan Kimia
  9. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  10. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Melalui laporan ketua panitia Dr. Samsudin Hi Adam.,M.Hum.,M.Pd menyampaikan bahwa tema yang di angkat dalam Seminar Nasional pada hari ini adalah: “Pengembangan Soft Skill , Teknologi dan Literasi Digital Bagi Pelajar Pancasila di Era Industri 4.0”. Adapun latar belakang pemilihan tema tersebut terkait dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Abad 21 yang turut melahirkan perubahan ataupun pembaharuan di berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan.
Dalam bidang pendidikan, pendidik ataupun calon tenaga pendidik kelak memiliki peran penting dalam menciptakan generasi yang memiliki keterampilan hidup abad 21. Keterampilan abad 21 yang dimaksud meliputi:  way of thinking, way of working, tools for working, and living in the world (Binkley et al., 2010:1-2). Oleh karena itu, setiap pendidik dan calon tenaga pendidik dituntut untuk terus mengembangkan kemampuannya dalam mengolah kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan masing-masing.

Berkaitan dengan tema tersebut, kami menghadirkan dua  narasumber sebagai pembicara utama, yakni Prof. Dr. Endry Boeriswaty, M.Pd beliau adalah guru Besar Universitas Negeri Jakarta  dan Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, M.S  Guru Besar Bidang Antropolinguistik Universitas Khairun, 1993-1995 Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Universitas Khairun, 2005-2009 Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Khairun, 2009-2013 Rektor Universitas Khairun, 28 Agustus 2015-25 September 2018 Kepala Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud, 25 September-21 Maret 2018 Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud, 21 Maret 2018-4 Juni 2020 Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kemendikbud, 2 Januari-4 Juni Pelaksana Tugas Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud.

Di samping itu juga terdapat sebanyak 50 orang pemakalah pendamping dari berbagai Universitas, mulai dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Khairun dan beberapa Universitas lainnya.
Seminar ini dapat terselenggara berkat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, pada kesempatan ini izinkan kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Khairun beserta jajarannya, Dekan FKIP Universitas Khairun berserta jajarannya, serta pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Penghargaan yang setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada segenap panitia yang telah bekerja keras demi suksesnya kegiatan seminar ini.
Kami menyadari bahwa penyelenggaraan seminar ini masih banyak kekurangan baik dalam penyajian acara, pelayanan administrasi, maupun keterbatasan fasilitas. Oleh karena itu, kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata semoga semua peserta seminar yang hadir baik yang tatap muka langsung maupun tatap muka virtual mendapatkan manfaat dari kegiatan seminar ini. Tidak berpanjang kata, kami menyampaikan selamat berseminar, semoga menghasilkan konsep pemikiran yang bermanfaat bagi kita semua. Demikian laporan singkat yg kami sampaikan. “Tandasnya”.

Kegiatan seminar nasional di buka secara resmi oleh Dekan Dr. Abdu Mas’ud, S.Pd.,M.Pd sekaligus menyampaikan smbutannya, dalam sambutan Dekan menyampaikan banyak terimakasih kepada berbagai pihak yang ikut andil dalam menyukseskan kegiatan seminar nasional ini lebih khususnya kepada panitia penyelenggara yang sudah bekerja keras dengan baik. Dekan juga menyampaikan terimaksih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kedua Narasumber handal dalam seminar tersebut Prof. Dr. Endry Boeriswaty, M.Pd beliau adalah guru Besar Universitas Negeri Jakarta  dan Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, M.S  Guru Besar Bidang Antropolinguistik Universitas Khairun, karena sudah meluangkan waktu untuk memberikan materi serta ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada kita semua.
Lanjut dekan menyampaikn bahwa sudah saatnya kita harus mempunyai kemampuan menguasai TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) diera digital ini, bagaimana kita memanfaatkan maupun mengkomunikasikan informasi dalam kecakapan kognitif agar supaya kita menghasilkan guru-guru yang dipersiapkan di lapangan pada saat mereka mengajar nanti, setidaknya guru-guru kita bisa mengenal dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasih dengan baik. “Tutur Dekan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.