Praktikum Isolasi DNA Dan Uji Protein Mahasiswa Pascasarjana (S2) Pendidikan Biologi Universitas Khairun

FKIP UNKHAIR – Laboratorium Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun melaksanakan praktikum pengisolasian DNA secara sederhana. Kamis 29 Mey 2021.

Pengisolasian DNA secara sederhana dapat dilakukan dengan memecahkan dinding sel, membran plasma dan membran inti baik secara mekanik maupun secara kimiawi. Isolasi DNA merupakan suatu teknik yang digunakan untuk memperoleh DNA murni, yaitu tanpa protein dan RNA dari suatu sel dalam jaringan. Mahasiswa Pascasarjana (S2) Pendidikan Biologi melaksanakan praktikum isolasi DNA konvensional yang dilaksanakan di Laboratorium Biologi pada tanggal 2 Mei 2021 yang di dampingi lansung oleh Dosen ‘Dr. Sundari, S.Pd, M.Pd. Isolasi di lakukan dengan beberapa jenis buah-buahan untuk diambil sari buahnya antara lain, kiwi, semangka, nanas, pisang, juga bawang-bawangan. Masing-masing buah dilakukan dengan teknik isolasi yang berbeda.

Selain isolasi DNA dari buah, juga dilakukan pengujian protein yaitu uji warna, uji pengendapan dan uji denaturasi menggunakan sumber protein yaitu albumin yang diperoleh dari putih telur (peptida) dan pepton (dipeptida). Seluruh kegiatan praktikum ini dilaksanakan dan diarahkan langsung oleh Ibu Dr. Sundari, S.Pd.M.Pd dan didampingi oleh asisten laboratorium biologi.

Informasi Lab. Biologi

Website Laboratorium Pendidikan Biologi: https://labbio.unkhair.ac.id

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *