Pendaftaran dan Seleksi Administrasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022 Tahap II

PPG.UNKHAIR.AC.ID – Pendidikan Profesi Guru (PPG) LPTK Universitas Khairun menyampaikan informasi tentang Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap II yang disampaikan oleh GTK Pusat Nomor: 0946/B2/GT.00.03/2022 perihal tentang Pendaftaran  dan Seleksi  Administrasi  Pendidikan  Profesi  Guru (PPG) Dalam  Jabatan  Tahun 2022 Tahap  II Menindaklanjuti   surat  karni  nomor  0409/B2/GT.00.03/2022 tentang  Pemutakhiran   Data  Calon Peserta  Pendidikan  Profesi  Guru  (PPG)  Dalam  Jabatan  Tahun  2022 Tahap  II, maka Kementerian Pendidikan,  Kebudayaan,   Riset,  dan Teknologi  melalui  Direktorat  Pendidikan  Profesi  Guru akan membuka  pendaftaran   dan  seleksi  administrasi   Pendidikan   Profesi  Guru  (PPG)  Dalam  Jabatan Tahap II.
Sehubungan   dengan   hal  terse but,   dengan   hormat   kami   sampaikan   informasi   terkait   dengan persiapan  pendaftaran   dan seleksi  administrasi  PPG Dalam  Jabatan  Tahun  2022 Tahap  II sebagai berikut.

  1. Data calon peserta  berdasarkan  hasil pemutakhiran  Data Pokok Pendidikan  (Dapodik)  tanggal 21 Maret 2022.
  2. Calon peserta  terdiri  atas 2 (dua) kategori  yaitu:
    a. Guru yang diangkat  sampai  dengan  tanggal  31 Desember  2015.
    b. Guru yang diangkat  mulai tanggal  1 Januari 2016 sampai  dengan  1 Januari  201
  3. Calon  peserta   wajib   melakukan    pendaftaran    melalui   laman   https:llppg.kemdikbud.id menggunakan  akun SIMPKB  masing-masing.
  4. Verifikasi dan validasi  dilakukan  untuk melihat  linieritas  antara bidang studi PPG yang dipilih dengan  ijazah S-I/D-IV   yang dimiliki  serta syarat administrasi  lainnya.
  5. Persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022, serta daftar linieritas tertera pada Lampiran I dan II.
    Selanjutnya kami mohon bantuan Saudara untuk menyampaikan informasi di atas kepada guru sesuai kewenangannya. Atas perhatian  dan kerja samanya,  kami sampaikan  terima kasih.

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Persyaratan Seleksi Administrasi

  1. Persyaratan Peserta
    a. Guru di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang belum mengikuti program sertifikasi guru.
    b. Terdaftar pada  data  pokok  Pendidikan  Kementerian  Pendidikan,  Kebudayaan,  Riset,  dan Teknologi.
    c. Memiliki NUPTK.
    d. Telah diangkat menjadi guru sampai dengan 1 Januari 2019.
    e. Memiliki kualifikasi akademik S-1/D-4 yang linier dengan pilihan bidang studi PPG yang akan diikuti.
    f. Aktif mengajar selama dua tahun terakhi.
    g. Berusia setinggi-tingginya 58 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember 2022.
    h. Sehat jasmani dan rohani.
    i. Bebas narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA).
    j. Berkelakuan baik.
  2. Persyaratan administrasi
    a.  Guru
    1)  Hasil pindai (scan) ijazah S-1/D-4 (asli/fotokopi legalisir Perguruan Tinggi), bagi mahasiswa yang memiliki ijazah S-1 dari luar negeri melampirkan surat penyetaraan dari Ditjen Dikti.
    2)  Hasil pindai (scan) SK pengangkatan pertama sebagai guru (asli/fotokopi legalisir Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota).
    3)  Hasil pindai (scan) SK kenaikan pangkat terakhir bagi guru PNS (asli/fotokopi legalisir) atau SK Pengangkatan 2 (dua) tahun terakhir (2020/2021 dan 2021/2022) bagi guru Non PNS (asli/fotokopi legalisir). SK tersebut dilegalisasi oleh:
    – Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota/BKD untuk PNS;
    – Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota/BKD untuk PNS yang ditugaskan sebagai guru oleh Pemerintah Daerah atau yang diberi kewenangan;
    – Ketua Yayasan untuk Guru Tetap Yayasan;
    – Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota/BKD untuk Guru bukan PNS di sekolah negeri yang memiliki SK dari pemerintah daerah atau yang diberi kewenangan.
    4)  Hasil pindai (scan) SK pembagian tugas mengajar 2 (dua) tahun terakhir yaitu tahun ajaran 2020/2021 dan 2021/2022. (asli/fotokopi legalisir Kepala Sekolah).
    5)  Hasil pindai (scan) pakta integritas yang ditandatangani dan dibubuhi meterai 10.000 (format terlampir).
    b. Guru yang diberi tugas sebagai Kepala Sekolah
    1)  Hasil pindai (scan) ijazah S-1/D-4 (asli/fotokopi legalisir Perguruan Tinggi), bagi mahasiswa yang memiliki ijazah S-1 dari luar negeri melampirkan surat penyetaraan dari Ditjen Dikti.
    2)  Hasil pindai (scan)  SK  pengangkatan pertama  dan terakhir  sebagai guru (asli/fotokopi legalisir Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota).
    3) Hasil pindai (scan) SK Pengangkatan terakhir sebagai Kepala Sekolah (asli/fotokopi legalisir). SK tersebut dilegalisasi oleh:
    – Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota/BKD untuk PNS;
    – Ketua Yayasan untuk Kepala Sekolah bukan PNS;
    4)  Hasil pindai (scan) pakta integritas yang ditandatangani dan dibubuhi meterai 10.000 (format terlampir).

    Tata Cara Pendaftaran
    1) Aplikasi pendaftaran calon peserta seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 dapat dibuka melalui laman https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SIMPKB masing-masing.
    2) Calon peserta membuka situs tersebut untuk melakukan pendaftaran sebagai calon peserta dengan menggunakan akun SIMPKB masing-masing. Calon peserta mengunggah (upload) hasil pindai (scan) ijazah asli S-1/D-IV. Bagi calon peserta yang terkendala dengan akses internet, pendaftaran dapat dibantu oleh operator sekolah atau dinas pendidikan.
    3) Calon peserta menetapkan bidang studi yang akan diikuti dalam PPG. Ketentuan penetapan program studi PPG adalah linier dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV yang dimiliki. Daftar linieritas program studi PPG pada Lampiran II.
    4) Calon peserta mengisi nama perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan ijazah S-1/D-IV. Guru dapat memilih bidang studi pada jenjang yang berbeda dengan mata pelajaran yang diampu saat ini. Contohnya, calon peserta mengajar di Sekolah Dasar memiliki S1/DIV program studi Ekonomi. Maka berdasarkan tabel linieritas, calon peserta dapat memilih jenjang SMA dengan bidang studi PPG yaitu Ekonomi.
    5) LPMP melakukan verifikasi dan validasi kesesuaian berkas dengan syarat-syarat administrasi yang telah ditentukan diantaranya yaitu linieritas antara program studi PPG yang dipilih dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-4. Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut.
    a. “Disetujui” jika berkas memenuhi syarat dan bidang studi PPG yang dipilih linier dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV.
    b. “Tolak (permanen)” jika berkas tidak memenuhi syarat dan atau bidang studi studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV serta tidak dimungkinkan adanya perbaikan. Contoh: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Hubungan Internasional tidak linier dengan program studi PPG yang ada.
    c. “Tolak (perbaikan)” jika berkas tidak lengkap dan/atau bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV tetapi dimungkinkan adanya perbaika Contoh: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Bahasa Inggris memilih program studi PPG Guru Kelas SD. Jika Guru tersebut ingin mengikuti PPG maka guru harus memperbaiki program studinya menjadi Bahasa Inggris.
    Calon peserta yang lolos verifikasi dan validasi yang berstatus “Disetujui” dinyatakan lolos seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan tahun 2022

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Administrasi

No Kegiatan Waktu
1 Pengumuman Pendaftaran 12 April 2022
2 Pendaftaran dan pengiriman berkas 15 – 19 April 2022
3 Perbaikan berkas 15 – 25 April 2022
4 Verval oleh petugas 15 – 27 April 2022
5 Pengumuman hasil seleksi administrasi/pendaftaran 29 April 2022

0946 – SE Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Daljab 2022 tahap II

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.