Pelatihan Keterampilan Profesionalisme Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Matematika

FKIP UNKHAIR – Upaya menciptakan keterampilan profesionalusme mahasiswa, Program Studi Pendidikan Matematika mengadakan pelatihan keterampilan profesionalisme mahasiswa calon guru dalam pembelajaran matematika. Pelatihan yang berlansung dua hari ini di buka oleh Dekan FKIP Bapak Dr. Abdulrasyid Tolangara, S. Pd., M. Si bersamaan dengan pembukaan pelatihan penyusunan instrumen tes matematika berbasis HOTS. Melalui sambutannya, dekan FKIP memberikan apresiasi kepada prodi matematika yang telah mengadakan kegiatan untuk melatih mahasiswa calon guru matematika mencapai profesi profesional.

Peserta Pelatihan Keterampilan Profesionalisme Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Matematika

Harapannya, kegiatan ini dapat melahirkan calon guru matematika yang berkualitas secara ilmu pengetahuan dan terampil dalam proses pembelajaran matematika. Sehubungan dengan itu, sebelumnya Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika dr. Karman La Nani, S. Pd., M.Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan profesionalisme mahasiswa calon guru dalam pembelajaran matematika merupakan suatu upaya menciptakan kemampuan mahasiswa matematika dalam memahami dan menyusun perangkat pembelajaran matematika dan dapat mempraktekkannya dalam pembelajaran matematika. Harapan koorprodi, hasil pelatihan ini dapat ditindaklanjuti oleh Fakultas hingga terciptanya kegiatan PPL 2 yang bertaraf international. Kegiatan pelatihan ini menurut laporan ketua panitia Ibu Wilda Syam Tonra, S. Pd., M. Pd, akan diikuti oleh 30 mahasiswa matematika dari semester 4 dan semester 6. Namun, karena berbagai alasan, hanya terdapat 25 mahasiswa yang berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut. Membina terciptanya keterampilan mengajar matematika bagi mahasiswa peserta pelatihan, kegiatan tersebut juga menggunakan instruktur Dosen Matematika yang dapat memberikan contoh dan penjelasan tentang strategi mengendalikan proses pembelajaran matematika di depan kelas. Beberapa dosen yang bertidak sebagai instruktur di setiap ruang, yaitu: Dr. Mustafa A. H. Ruhama, S. Pd, M. Sc dan Wilda Syam Tonra, S. Pd, M. Pd di ruang I, Ariyanti Jalal, S. Pd., M. Pd dan Diah Prawitha Sari, S. Pd di ruang II, serta Ahmad Afandi, S. Pd, M. Pd dan Fitriana Eka Candra, S. Pd., M. Pd di ruang III. Kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut menghasilkan tiga mahasiswa sebagai praktikan terbaik, yaitu Yusril M. Pakaya, Eka Miftah, dan Safira Ramadhani Abdullah. Kegiatan tersebut ditutup oleh Dr Karman La Nani, S. Pd., M. Si selaku koordinator prodi Matematika. Melalui sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih kepada panitia pelaksana, bapak-ibu dosen sebagai instruktur yang telah mengawal kegiatan pelatihan hingga selesai. Korprodi mengharapkan kepada mahasiswa agar terus meningkatkan motivasi belajar matematika dan melatih diri dalam menyampaikan materi matematika serta mendalami konsep matematika sekolah sebagai dasar terciptanya kualitas pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *