Kuliah Umum “Penguatan Kompetensi Guru di Era Digital” PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

FKIP.UNKHAIR.AC.ID – Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema “Penguatan Kompetensi Guru di Era Digital” yang disampaikan lansung oleh tiga Narasumber:
1. Prof. Theresia Laurens, M.Si Guru Besar Universitas Pattimura Ambon
2. Dr. Drs. Said Hasan, M.Pd Koordinator Pendidikan Profesi Guru LPTK Universitas Khairun
2. Dr. Syahril Muhammad, M.Hum Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, yang berlansung secara virtual daring (zoom meeting).

Dalam kegiatan kuliah umum tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun Dr. Abdu Mas’ud, S.Pd.,M.Pd sekaligus memberikan sambutan pada kuliah umum. Dalam sambutannya Dekan menyampaikan Amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2004 tentang Guru dan Dosen pasal 8 menyebutkan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 17 ayat (1) menyatakan bahwa pendidikan profesi merupakan pendididkan tinggi setelah program sarjana yang menyiapkan mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus.

Penyiapan Guru sebagai pendidik profesional dinyatakan pula pada Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru. Regulasi tersebut melandasi terjadinya reformasi guru di Indonesia dimana guru harus disiapkan melalui pendidikan profesi setelah program sarjana.
Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dikembangkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dengan mengacu kepada Standar Pendidikan Guru (Standar DikGu) yang mencakup standar pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat.

Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada semua peserta kuliah umum agar mengikuti pelaksaan kuliah umum ini dengan baik. Tema tentang “Penguatan Kompetensi Guru di Era Digital” ini, memang sangat perlu di bahas bersama dan didiskusikan agara kompetensi seorang guru tidak diragukan pada dunia pendidikan saat ini. Kuliahnumum seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran bagi mahasiswa PPG, sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan Standar DikGu, dengan harapan kelak pada gilirannya dapat menghasilkan lulusan PPG yang siap menghadapi tantangan dan peluang kehidupan yang semakin kompleks di abad 21 dan siap bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dan global.Memang kompetensi seorang guru masih menjadi tolak ukur penilaian guru. Seorang guru yang baik mampu mencerminkan kompetensi yang dimiliki.

Kami juga berharap kepada para peserta kuliah umum agar sebentar penyampaiakan materi dari ketiag pemateri tersebut di simat dengan baik agar menjadi bekal bpk ibu peserta kuliah umum di kemudian hari. Dengan mengucapkan Bismillahhirrahmanirrahim Pembukaan kuliah umum dengan tema “Penguatan Kompetensi Guru di Era Digital”, dengan ini, kami buka dengan resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.