Kuliah Tamu Program Studi PGSD Bersama Dr. Widya Karmila Sari Ahmad, S.Pd.,M.Pd

PGSD.UNKHAIR.AC.ID – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melaksanakan kegiatan kuliah tamu implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk penguatan kapasitas dosen dan mahasiswa serta peningkatan proses pembelajaran di program studi PGSD yang bertempat di Aula Mini Lt. 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr.Ade Ismail, S.Pd.,M.Pd, Dr. Widya Karmila Sari Ahmad, S.Pd.,M.Pd selaku narasumber, beliau juga merupakan ketua asosiasi dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar seluruh Indonesia, Ketua Jurusan Pendidikan Dasar Darmawati Hadi, S.Pd., M.Pd, dan Koordinator Program Studi Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd.,M.Pd serta seluruh dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan serta sambutan oleh Koordinator Program Studi dan Wakil Dekan I yang sekaligus membuka kegiatan kuliah tamu dengan resmi. Kegiatan kuliah tamu adalah “Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)” untuk penguatan kapasitas Dosen dan Mahasiswa serta Peningkatan Proses Pembelajaran di Proram Studi PGSD, sebagaimana yang disampaikan oleh Koordinator Program Studi PGSD Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd.,M.Pd bahwa kegiatan kuliah tamu merupakan kegiatan yang penting untuk dilaksanakan, selain kegiatan kuliah tamu, Program Studi PGSD juga telah melakukan kegiatan Merdeka Belajar kampus merdeka lainnya, diantaranya yaitu kampus mengajar perintis.
“Kegiatan MBKM sangat membantu mahasiswa untuk dapat  menyelesaikan kuliahnya lebih cepat, yaitu kurang dari 4 tahun atau 3 tahun 8 bulan dimana pendaftaran kampus mengajar tahun ini, saya melihat semangat mahasiswa yang luar biasa”. Kegiatan kuliah tamu menjadi jantung dari kegiatan perkuliahan. Hal tersebut karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan dari mahasiswa dan juga dosen. Kita dapat saling berbagi informasi dan pengalaman.
“Saya menganggap bahwa Kuliah Tamu ini merupakan jantung dari perkuliahan. Kegiatan ini dapat memberikan informasi kepada mahasiswa dan juga dosen. Kegiatan MBKM ini sangat  penting dilakukan untuk memberikan kebebasan mahasiswa belajar”.

Sambutan terpisah yang disamapaikan oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr. Ade Ismail, S.Pd.,M.Pd yang sekaligus membuka kegiatan kuliah tamu dngan resmi, menyampaikan bahwa pihak dari perguruan tinggi memang sangat mendorong mahasiswa untuk berkompetisi dengan mahasiswa lain diluar perguruan tinggi  terutama dalam kampus mengajar. Kolaborasi yang dilakukan oleh pihak perguruan tinggi sangat kuat karena dengan memberikan pelayanan yang prima kepada mahasiswa inilah yang nantinya akan menjadi iklan hidup di Universitas mereka masing-masing, sehingga bagaiamana pelayanan, dan mutu akademik yang diberikan dapat memberikan hal atau cerita yang baik bagi kampus mereka dan sebaliknya untuk mahasiswa dari Universitas Khairun itu sendiri.

Dalam kegiatan kuliah tamu tersebut Dr. Widya Karmila Sari Ahmad, S.Pd.,M.Pd menjelaskan bahwa program merdeka belajar kampus merdeka dapat dikonversikan ke mata kuliah yang ada, tetapi dalam pengkoversiannya itu disesuai dengan kegiatan yang diimplementasika oleh mahasiswa sesuai dengan materi mata kuliahnya. Hal tersebut harus memiliki bukti, artefak atau dokumen berupa pelaksanaan MBKM dilapangan yang berkaitan dengan mata kuliah yang ingin dikonversikan, sehingga dapat mengonversikan kegiatan MBKM ke Mata Kuliah yang sesuai. Maka Merdeka Belajar Kampus Merdeka diperuntukan sebagai kepentingan dan pengalaman yang berfungsi serta bermanfaat bagi karir mahasiswa kedepannya, sehingga mahasiswa yang ingin mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka harus mengetahui tentang MBKM dan memahami Konversi mata kuliah.
#Informasi Program Studi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.