Penerimaan Mahasiswa Baru FKIP Universitas Khairun Jalur SMMPTN 23 April-27 Juni 2022

FKIP.UNKHAIR.AC.ID – Universitas Khairun kembali membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2022. Jalur penerimaan mahasiswa baru dibagi menjadi tiga jalur penerimaan yakni jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang disingkat (SNMPTN), jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang disingkat dengan UTBK – SBMPTN, selanjutnya jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Universitas Khairun yang biasa disebut SMMPTN Universitas Khairun.
Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri (SMMPTN) Tahun 2022 dimulai pada tanggal 23 April 2022 s/d 27 Juni 2022 secara online melalui portal PMB dengan alamat: http://pmb.unkhair.ac.id

Universitas Khairun telah menyiapkan kursi untuk penerimaan mahasiswa baru dalam tiga jalur seleksi yakni jalur SNMPTN Universitas Khairun akan menerima sebanyak 1414 calon mahasiswa, pada jalur UTBK-SBMPTN Universitas Khairun akan menerima sebanyak 1885 calon mahasiswa dan dijalur SMMPTN Universitas Khairun akan menerima sebanyak 1412 calon mahasiswa baru. Jadi jumlah keseluruhan kursi calon mahasiswa baru yang diterima di Universitas Khairun pada tahun angkatan 2022 sebanyak 4711 calon mahasiswa baru. Calon mahasiswa baru ini akan kuliah di delapan Fakultas dalam lingkungan Universitas Khairun.

Pelaksanaan tes Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) akan laksanakan pada tanggal 30 Juni sampai 06 Juli tahun 2022 dan pengumuman hasil tes Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Universitas Khairun akan disampaikan pada tanggal 12 Juli tahun 2022.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun salah satu fakultas dengan jumlah program studi sebanyak 10 rogram studi siap menerima calon mahasiswa baru dengan fasilitas tersedia, tenaga pendidik dan tendik kependidikan yang berkompeten di bidang ilmunya masing-masing. Program studi apa sajakah yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan??

10 Program Studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun

  1. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan
  4. Program Studi Pendidikan Matematika
  5. Program Studi Pendidikan Fisika
  6. Program Studi Pendidikan Biologi
  7. Program Studi Pendidikan Geografi
  8. Program Studi Pendidikan Kimia
  9. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  10. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Dari ke sepuluh program studi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan telah terakreditasi baik (B) oleh BAN-PT dan terdapat juga 4 jurusan yakni: Jurusan Pendidikan Bahasa, Jurusan Pendidikan IPA, Jurusan Pendidikan IPS, dan Jurusan Pendidikan Dasar. Di unit lain terdapat Laboratorium Komputer dengan fasilitas komputer yang sangat baik yang selalu di pakai dalam pelaksanaan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru setiap tahun dimana salah satu laboratorium komputer di beberapa fakultas yang sanagt baik yang dimiliki oleh fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Ada juga Laboratorium Fisika, Laboratorium Biologi, Laboratorium Geografi, Laboratorium Teater serta Laboratorium Micro Teaching yang masing-masing telah tersedia fasilias yang sangat baik.

Unit Pelaksana Teknis Praktik Pengalaman Lapangan (UPT-PPL) yang setiap semester dengan program PLP-II selalu menurunkan mahasiswa yang siap praktik lapangan di di berbagai sekolah yang ada di Maluku Utara dengan bekal ilmu pengetahuan yang di peroleh mahasiswa di program studinya masing-masing dan pembekalan secara teknis fakultas keguruan dan ilmu pendidikan selalu melahirkan mahasiswa berprestasi.
Terdapat pula salah satu program studi yang beberapa tahun terakhir ini telah banyak melahirkan guru-guru profesional yakni program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Khairun ini adalah salah satu mitra penyelenggara pendidikan profesi guru bagi gru yang belum memiliki sertifikat pendidik, baik itu guru pns, cpns dn honorer. menjadi kebanggaan bagi universitas khairun karena satu-satunya PTN di Maluku Utara yang di percayakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menjadi mitra penyelenggara pendidikan profesi guru.

Persyaratan dan Tahapan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Universitas Khairun Tahun 2022 sebagai berikut:
Persyaratan Pendaftaran SMMPTN Universitas Khairun

  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan Tahun 2022 memiliki Surat Keterangan lulus atau surat keterangan siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 disertai dengan foto terbaru berwarna, stempel/cap sekolah dan tanda tangan kepala sekolah. Untuk peserta didik Paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).
  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan Tahun 2019,2020,2021 harus memiliki Ijazah
  • Mendaftar di link: https://pmb.unkhair.ac.id/
  • Membayar biaya UTBK melalui bank BNI (biaya pendaftaran sesuai dengan biling pembayaran yang dicetak saat pendaftaran)
  • Pada seleksi jalur mandiri ini peserta akan dikenakan biaya yakni Rp. 200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum dan untuk kelompok ujian campuran dikenakan biaya Rp.300.000, untuk Pendidikan Kedokteran  Rp. 1.250.000 (sudah termasuk biaya test MMPI)
  • Kami sarankan sebelum mendaftar bisa disimak video tata cara pendaftaran PMB Unkhair

Tahapan Pendaftaran SMMPTN Universitas Khairun

  • Registrasi akun mandiri pada laman http://pmb.unkhair.ac.id
  • Daftar akun dengan email dan password pribadi
  • Login kembali menggunakan email dan password yang telah didaftar
  • Masuk pada menu pendaftaran lalu lengkapi data dengan mengisi biodata
  • Pilih jenis tes (Saintek, Soshum dan Campuran)
  • Lengkapi biodata orang tua
  • Lengkapi data sekolah
  • Simpan data
  • Masuk menu pembayaran cetak billing
  • Bayar di bank yang ditentukan
  • Masuk kembali ke menu pendaftaran klik kartu peserta
  • Unduh kartu ujian peserta
  • Mengikuti Ujian Mandiri

Selanjutnya pelaksanaan seleksi digunakan denagn sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dimana seleksi mandiri ini dibagi menjadi tiga bagian yakni Kelompok Saintek, Kelompok Soshum, dan Kelompok Campuran dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum dengan materi ujian Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.
  2. Peserta yang akan memilih prodi Saintek maka mengikuti TPS dan TKA Saintek dengan materi ujian Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi.
  3. Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, TK.

Informasi setip program studi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas khairun dapat dilihat pada tautan browser berikut:

  1. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

  3. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan

  4. Program Studi Pendidikan Matematika

  5. Program Studi Pendidikan Fisika

  6. Program Studi Pendidikan Biologi

  7. Program Studi Pendidikan Geografi
  8. Program Studi Pendidikan Kimia

  9. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  10. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.