Cegah Plagiarisme, FKIP Unkhair Bekali Dosen dengan Pelatihan Aplikasi Anti Plagiarism

Saat ini kasus plagiat semakin marak seiring dengan perkembangan teknologi. Fenomena ini kerap di jumpai di berbagai bidang khsususnya dunia pendidikan. Untuk mencegah hal tersebut belum lama ini FKIP Unkhair melaksanakan pelatihan aplikasi anti plagiarism diruang senat lantai 2 gedung FKIP.

Kegiatan yang diikuti puluhan dosen dan tenaga kependidikan ini dibuka Wakil Dekan (Wadek) I bidang Akademik, Dr. Hasan Hamid, M.Si. Menurut Wadek I, kegiatan ini bertujuan untuk membekali para dosen dilingkungan FKIP Unkhair tentang penggunaan aplikasi anti plagiarism  agar bisa mendeteksi similaritas  tulisan.

Wadek I juga berharap dengan diselenggarakannya pelatihan ini, para dosen dilingkungan FKIP Unkhair bisa meningkatkan kulaitas akademik dengan melahirkan karya-karya ilmiah yang sesuai dengan etika akademik .

“Ada tingkat toleransi terkait persentase yang kita gunakan untuk mendeteksinya, namun hal ini masih harus dibicarakan lagi ditingkat senat berapa persentasi yang disepakati untuk menjadi ukuran” kata Wadek I.

Nantinya, penggunaan aplikasi anti plagirsm juga akan diberlakukann kepada mahasiswa yang telah memasuki tugas akhir. Untuk itu, diharapkan peran penting dari dosen pembimbing dalam melakukan pembimbingan kepada mahasiswanya dengan mengedepankan etika akademik agar terhindar dari plagiarism. (chn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *