640 Alumni Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 Dikukuhkan

PPG.UNKHAIR.AC.ID – Pendidikan Profesi Guru (PPG) LPTK Universitas Khairun menyelenggarakan pengukuhan mahasiswa lulusan PPG dalam jabatan tahun 2021 yang berlansung di aula banau kampus 1 Universitas Khairun Selasa, 18 Januari 2022.
Dalam acara pengukuhan orasi ilmiah disampaikan oleh Dr. Syahril Muhammad, S.Pd., M.Hum yang sekaligus adalah ketua program studi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) LPTK Universitas Khairun.
Rektor Universitas Khairun Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum menyampaikan dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa PPG baik yang hadir secara luring maupun secara daring seindonesia untuk LPTK Universitas Khairun yang hari ini akan di kukuhkan. Dan atas nama pimpinan Universitas Khairun merasa sangat bangga karena pada hari ini Universitas Khairun mengukuhkan 640 alumni mahasiswa PPG yang tersebar diseluruh indonesia yang dinyatakan lulus pada Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2021 LPTK Universitas Khairun. Selanjutnya rektor mengatakan melihat dari visi dan misi PPG ada 3 misi penting dimana tujuan utama adalah membentuk guru-guru yang mengikuti program profesi guru (PPG) menjadi guru yang profesional, guru yang kreatif melakukan pengabdian serta penelitian itu yang harus dilakukan sehingga rektor berharap alumni mahasiswa PPG menjadi guru-guru yang cukup diperhitungkan atau bahkan menjadi leader man atau leader teachers di sekolahnya masing-masing inilah tujuan PPG sebenarnya karena itu dilihat dari proses PPG ini sangat ketat dalam proses seleksi, pelaksanaan maupun ujian akhir atau UP-UKMPPG. Sehingga rektor berharap kedepan perbaikan baik pengelola PPG maupun alumni PPG bisa menunjukkan bahwa kita layak dijadikan sebagai panutan dapat dijadikan sebagai lembaga yang bisa mempertanggung jawabkan hasil kelulusan yang Universitas Khairun keluarkan.

Selanjutnya laporan selama kegiatan PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 berlansung disampaikan oleh Dekan Faultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr. Abdulrasyid Tolangara, M.Si dalam laporannya menyampaikan Penunjukan Universitas  Khairun  sebagai  penyelenggara program  PPG  didasarkan  pada beberapa  persyaratan,  diantaranya:  (1)  akreditasi  Program  Studi  dari  Badan  Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat paling rendah B; (2) ketaatan azas dalam penyelenggaraan perguruan tinggi sesuai dengan peraturan perundangan yang ada; (3) komitmen LPTK; (4) kualitas sarana dan prasarana dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi  yang  mendukung  program  studi  kependidikan;  (5)  fasilitas  asrama;  (6)  memiliki program  peningkatan  dan  pengembangan  aktivitas  instruksional  atau  yang  sejenis  dan berfungsi efektif, dan (7) memiliki program dan jaringan kemitraan dengan sekolah-sekolah mitra terakreditasi paling rendah B dan memenuhi persyaratan untuk pelaksanaan program pengalaman lapangan (PPL). Sebagai salah satu LPTK yang telah diberi amanah untuk menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2021, dengan ini menyampaikan laporan kegiatan PPG Dalam Jabatan angkatan 1, 2 dan 3 untuk tahun 2021.
Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2021 terdiri dari 7 (tujuh) program studi yang diselenggarakan dalam 4 angkatan dengan rincian sebagai berikut:

Angkatan I terdiri dari program studi:
– Guru kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
– Guru Kelas Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Angkatan II terdiri dari program studi:
– Guru kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
– Guru Kelas Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Angkatan III terdiri dari program studi:
– Guru Kelas Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Angkatan IV terdiri dari Program Studi:
– Guru kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
– Guru Kelas Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
– Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
– Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
– Program Studi Pendidikan Matematika
– Program Studi Pendidikan Biologi
– Program Studi Pendidikan GeografiLuaran yang diharapkan dari pelaksanaan program ini adalah terselenggaranya proses pembelajaran peserta program PPG Dalam Jabatan( DALJAB) bidang studi guru kelas PAUD dan bidang studi guru kelas PGSD pada Angkatan I, II dan III sesuai dengan panduan pelaksanaan PPG DALJAB tahun 2021 dari mulai pemanggilan peserta, pelaksanaan hingga UKMPPG dengan jumlah peserta aktif keseluruhan 640 orang berhasil dinyatakan lulus mengikuti Program Pendidikan Profesi Daljab Tahun 2021  di FKIP Universitas Khairun.
Proses terselenggaranya pembelajaran program PPG yang meliputi kegiatan orientasi, perancangan pembelajaran, identifikasi masalah, rencana kegiatan, Peerteaching, refleksi dan RTL serta pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat berlangsung lancar dan baik. Hal ini tentunya membutuhkan komitmen dan kerjasama yang baik dari semua pihak baik peserta, penyelenggara, para stakeholders serta dukungan sarana dan prasarana khususnya dukungan jaringan internet yang maksimal. Hal ini penting untuk menjadi perhatian karena program PPG tahun 2021 sepenuhnya dilakukan secara daring/online. Kondisi ini terjadi karena situasi yang kurang mendukung akibat dampak dari wabah COVID-19 yang melanda dunia termasuk negara Indonesia.Laporan PPG Dalam Jabatan dibuat dan disusun dalam rangka memberikan uraian komprehensif mengenai progres atau kemajuan aktivitas Program Studi Pendidikan Profesi Guru  (PPG)  Dalam  Jabatan  tahun  2021  di  Fakultas  Keguruan  dan  Ilmu  Pendidikan Universitas Khairun. Pelaksanaan PPG Dalam jabatan tahun 2021 dilaksanakan melalui daring dengan sistem Learning Management Sistem (LMS) berlangsung dengan baik. ungkap Dekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.