117 Guru Ikuti Orientasi PPG Dalam Jabatan Tahap I Tahun 2019

Pelakasanaan orientasi akademik Pendidikan Orientasi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahap I tahun 2019 yang diikuti 117 guru berlangsung di Aula Mini lantai 2 gedung FKIP pada Rabu (6/3). Ke-117 guru ini berhasil dinyatakan lulus setelah mengikuti pendidikan yang dilakukan dengan sistem pendidikan dalam jaringan (Daring) yang telah dimulai pada 21 Januari-28 Februari.

Menurut Koordinator LPTK PPG Unkhair Dr. Syahril Muhammad, M.Hum, sebelumnya selama pendidikan daring, para guru yang juga berasal dari luar Malut ini ada yang dinyatakan tidak lulus. Hal ini kata Syahril, disebabkan oleh masalah jaringan internet terutama di daerah pelosok.

“Dari 139 orang  yang mengikuti pembelajaran  daring, yang lulus hanya 117 orang” sebutnya. Lanjut  Syahril, setelah orientasi 117 guru ini juga akan diseleksi lagi melalui uji pengetuan pada 5 Mei nanti.

Dari data yang diterima untuk Prodi PGSD 19 guru dinyatakan tidak lulus dari 58 guru yang mengikuti pendidikan daring, sementara 39 lainnya berhasil lulus. Untuk Prodi PAUD dan Prodi Bahasa Inggris masing-masing tercatat t 1 guru yang tidak lulus  dari 27 guru sedangkan prodi Matematika dari 27 guru yang mengikuti daring seluruhnya dinyatakan lulus.

Dosen PKn ini juga menambahkan terdapat 7 aspek yang dinilai selama mengikuti pendikan daring. “ada 7 aspek kelulusan yang dinilai, yang pertama adalah durasi atau banyaknya login kemudian frekuensi login atau lamanya login. Ketiga adalah mempelajari materi atau keaktifan dilink Brightspace selanjutnya menyangkur dengan tugas, form diskusi serta tes formatif dan tes sumatif “ terangnya.

Untuk bulan April mendatang kata Syahril, pihaknya juga akan menyelenggarakan PPG Dalam jabatan tahap kedua yang dimulai April nanti dengan kuota dari pusat sebanyak 150 peserta.  Untuk itu, diharapkan pemerintah kota dan kabupaten di Malut untuk mempersiapkan sarana dan prasarananya. ”Termasuk memastikan ketersediaan internet dan listrik, agar para guru bisa mengakses informasi dan bahan atau melakukan kuliah daring,” tutup Syahril.

Sementara kuliah perdana yang dilasaksanakan pada Jumat (8/3) berjalan lancar. Dari pantauan di kelas terlihat mahasiswa PPG di prodi Matematika sedang melaksanakan workshop berupa diskusi kelompok dengan dosen pengampu Dr. Hasan Hamid, M.Si yang juga wakil dekan I FKIP dan Dr. Joko Suratno, M.Pd.Si. Untuk Kelas lain di prodi Bahasa Inggris juga nampak proses perkuliahan sedang berjalan dengan dosen pengampu Dr. Sutaryo, M.Ed. Tesol. (chn)

2 Replies to “117 Guru Ikuti Orientasi PPG Dalam Jabatan Tahap I Tahun 2019”

  1. Assalamualaikum. Mau tanya, apakah UNKHAIR sudah menyelenggarakan PPG untuk guru IPA (SMP)? Ataukah cuma Fisika dan Biologi? Ataukah sama saja?

    1. Walalaikum salam…atas pertanyaan anda, saat ini PPG Unkhair baru melaksanakan PPG utk 4 prodi yaitu Prodi Matematika, Bahasa Inggris, PGSD dan PG-PAUD. Untuk PPG Fisika dan Biologi bapak bisa tanyakan langsung ke Pelaksana PPG Unkhair Jl. Bandara Babullah Kampus 1 Akehuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *