Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOPenarikan PPL II Tahap II T.A 2016-2017 Tanggal 29 April 2017

KESMMAT FKIP Unkhair Sukses Gelar Pekan Literasi Matematika

Bookmark and Share
Rabu, 04 April 2018 - 10:56:24 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 76 » Prodi

Untuk meningkatkan minat generasi muda serta mengasah pola pikirnya dalam ilmu matematika, maka Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (KESMMAT) FKIP Unkhair menggelar kegiatan Pekan Literasi Matematika. Kegiatan yang dibuka Dekan FKIP Unkhair Dr. A.R Tolangara, M.Si pada Kamis (26/3) lalu diikuti para pelajar tingkat SMA dan mahasiswa dari beberapa universitas di Kota Ternate.

Ketua Panitia kegiatan Alvaritzy Saifuddin, megatakan dalam pelaksanaan Pekan Literasi Matematika tahun ini, terdapat tiga mata lomba yang dilombakan yakni Teaching Contest ( lomba mengajar), Ide Matematika serta Rangking I Matematika.

“Tahun ini yang kita lombakan ada tiga, nah untuk teaching contest diikuti 5 universitas di Kota Ternate antara lain, IAIN Ternate kemudian Universitas Muhammdiyah, STKIP Kie Raha, Universitas Terbuka (UT) Ternate serta Unkhair. Sementara untuk lomba ide matematika itu seluruh pesertanya berasal dari  8 fakultas di Unkhair. Sedangkan pelajar SMA, kita lombakan dalam ranking I matematika. Ada 7 sekolah yang berpartisipasi dalam lomba ini dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang” kata Alvaritzy mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Matematika.

Menurutnya, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya jumlah pesertanya mengalami peningkatan. “Jadi, lebih meningkat pesertanya, tiap tahun selalu meningkat”tambahnya.

Selain mengadakan lomba, kegiatan ini juga dirangkai dengan pameran literasi hasil kerjasama dengan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Ternate sertaToko buku Gramedia. “Untuk pertama kali, tahun ini kegiatan pekan literasi matematika kita rangkai dengan pameran literasi, dimana buku-buku yang dipajang dalam pameran ini dari kantor arsip dan perpustakaan Kota Ternate” tambah Alvaritzy.

Sementara itu, Koordinator Prodi Pendidikan Matematika Dr. Karman La Nani, M.Si, ketika dimintai tanggapannya mengatakan Prodinya selalu mendukung  setiap kegiatan kemahasiswaan. Dirinya merasa bangga akan motivasi kuat yang dimilki anak didiknya dalam mensukseskan suatu kegiatan. Oleh karena itu dirinya berharap agar para dosenya dapat terlibat langsung dalam kegiatan kemahasiswaan selama tidak mengganggu proses perkuliahan.

 “Saya harap agar dosen juga terlibat dalam kegiatan mahasiswa karena begini, dosenkan merupakan Penasehat Akademik (PA) maka, yang namanya PA itu menasehati anak bimbingannya bukan hanya pada saat tanda tangan KRS saja tetapi bimbingan kegiatan kemahasiswaan mapun proses perkuliahan juga harus diberikan oleh PA” katanya.

Dirinya mengatakan, kedepan para pengurus KESMMAT akan dilatih dan dilakukan pembinaan melalui workshop kepemimpinan KESMMAT agar dapat megetahui tupoksi serta dapat bekerja dalam kepegurusan.

Ia berharap agar kegiatan pekan literasi matematika dapat terus ditingkatkan dengan menambah mata lomba. “Kalau tahun ini hanya tiga mata lomba maka kedepan kita upayakan ada 5 sampai 7 mata lomba selain itu peserta yang berpartisipasi masih di tingkat SMA saja, maka mudah-mudahan tingkat SD maupun SMP dapat kita undang berpartisipasi tahun depan” tutupnya. (chn)

 

Berita Lainnya


Kontak Admin
Online Support1Support1
Online Support2Support2
Statistik

476618

Pengunjung hari ini : 64
Total pengunjung : 116049
Hits hari ini : 118
Total Hits : 476618
Pengunjung Online : 2
Ip :
Browser :
Web Link