Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOPenarikan PPL II Tahap II T.A 2016-2017 Tanggal 29 April 2017 » Yudisium Fakultas Wisuda Maret 2017 pada Selasa, 7 Pebruari 2017 » Ujian Akhir Semester Ganjil 2016/2017 Tanggal 27 Desember 2016 - 4 Januari 2017 »

Eksplorasi Jenis Kenari, RELASI Prodi Biologi FKIP Unkhair Kunjungi Pulau “Kenari”

Bookmark and Share
Selasa, 24 Oktober 2017 - 09:32:40 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 2 » Prodi

Pulau Makian di kenal orang sebagai pulau yang memiliki penghasilan buah kenari terbanyak bila dibandingkan dengan daerah lainnya di Maluku Utara. Sehingga tak heran, bila masyarakat Maluku Utara kerap menyebut Pulau Makian sebagai Pulau Kenari. Buah Kenari banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, tidak hanya untuk cemilan namun berbagai olahan untuk dijadikan bahan pembuat makanan dan minuman seperti campuran pada minuman air jahe atau biasa disebut “air guraka” oleh masyarakat Maluku Utara.

Untuk mengeksplorasi berbagai jenis buah kenari, maka sebuah kelompok Mahasiswa dari Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unkhair dengan nama RELASI (Relawan Konservasi) memilih pulau tersebut sebagai salah satu tempat untuk belajar.

RELASI yang dibawah bimbingan Dr. M. Nasir Tamalene, M.Pd dan Wawan Suprianto Nadra, M.Pd, melaksanakan penelitian dari tanggal 26-29 Agustus 2017. Kunjungan RELASI yang beranggotakan 11 orang mahasiswa diantaranya Ikram Gay selaku Ketua RELASI, Eva Vianti, Rahayu Faradila, Runi Rajak, Nurjani Puasa, Jalmia La Rahidu, Quntum Chairah Lego, Juniar Amin, Yuningsih S. Bolutu, Rahmatia Kamaria dan Karima Galela mendapat sambutan hangat dari warga setempat.

Pada saat melaksanakan observasi spesies kenari bersama Kadar yang merupakan salah satu warga sekaligus pemilik kebun kenari di Desa Matangtengin, Tim RELASI sempat diguyur hujan deras yang membuat seluruh anggotanya dan warga harus berteduh. Sesaat setelah hujan mulai redah, Tim RELASI pun melanjutkan perjalanannya ke pesisir pantai pulau Makian dan menikmati indahnya pelangi yang tergambar sesaat setelah turunnya hujan.

Keesokkan harinya, Tim RELASI  melaksanakan Kampanye Konservasi Kenari di SMA Negeri 3 Halmahera Selatan di Desa Gitang.

“Kami mendapat sambutan hangat, baik dari Kepala Sekolah maupun guru-guru di Sekolah tersebut, dimana dalam kegiatan kampanye ini sekolah memberikan fasilitas dengan menyediakan 2 kelas bagi kami dalam menyampaikan kampanye terkait dengan konservasi kenari” kata salah satu anggota RELASI.

Kegiatan kampanye konservasi kenari ini, mendapat respon positif dari siswa sekolah tersebut. Dari kegiatan ini pula Tim RELASI berbagi pengetahuan dan pengamalan tentang perjalanan-perjalanan yang telah dilakukan sebelumnya.

Selama melaksanakan kegiatan di Pulau Makian, para anggota RELASI memiliki banyak cerita menarik. Salah satunya yang dirasakan oleh Jalmia La Rahidu. Menurut Jalmia, dirinya merasa bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini, karena bukan hanya pengetahuan dan pengalaman yang di dapatkan tapi rasa kekeluargaan, kebersamaan, saling melindungi dan menghargai terus terjalin bersama anggota RELASI antara satu dengan lainnya.

“Saya bersyukur karena bisa memperoleh pengetahuan baru serta pengalaman bersama Tim RELASI, disamping rasa kebersamaan dan saling menghargai selalu kami rasakan selama berada di Pulau Makian” kata Jamlia

Melalui kegiatan eksplorasi serta kampanye konservasi ini, para anggota RELASI berharap meningkatnya kesadaran masyarakat akan konservasi, mengingat konservasi memiliki sejuta manfaat demi lestarinya bumi kita tercinta.

 

Berita Lainnya


Kontak Admin
Online Support1Support1
Online Support2Support2
Statistik

401496

Pengunjung hari ini : 108
Total pengunjung : 97006
Hits hari ini : 294
Total Hits : 401496
Pengunjung Online : 5
Ip :
Browser :
Web Link