Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOPenarikan PPL II Tahap II T.A 2016-2017 Tanggal 29 April 2017 Yudisium Fakultas Wisuda Maret 2017 pada Selasa, 7 Pebruari 2017 Ujian Akhir Semester Ganjil 2016/2017 Tanggal 27 Desember 2016 - 4 Januari 2017

Tim Pengabdian IbM GEN AKTIF Prodi Pendidikan Biologi FKIP Adakan Penyuluhan Anti Narkoba

Bookmark and Share
Kamis, 24 Agustus 2017 - 08:44:44 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 2 » Prodi

Tim Pengabdian Prodi Pendidikan Biologi FKIP yang diketuai Suparman, S.Pd., M.Si melaksanakan pengabdian dalam skema Iptek bagi Masyarakat (IbM). Bentuk pengabdian ini, akan dilakukan berbagai macam kegiatan yang keseluruhannya tergabung dalam Komunitas GEN AKTIF (Generasi Anti Kekerasan dan Zat adiktif). Untuk itu, belum lama ini Komunitas GEN AKTIF menggelar Penyuluhan tentang bahaya Narkoba bagi generasi Muda yang melibatkan para pelajar khususnya ditingkat SMP dan SMA. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengkampanyekan anti kekerasan dan anti zat adiktif terutama narkoba pada generasi muda.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 12-13 Agustus 2017 lalu,  dipusatkan di SMA IT Nurul Hasan Ternate dengan mengundang pemateri dosen FKIP Unkhair diantaranya, Dr. Arini Zahrotun Nasichah M.Pd, Dr. Bahtiar M.Si dan Dr Nasir Tamalene, M.Pd.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Kepala SMA IT Nurul Hasan Ternate Husnul Arifin, SS menyedikan sarana dalam rangka penyuluhan. Kegiatan ini diikuti oleh 33 pelajar  dari  3 sekolah  di Kota Ternate yaitu SMA Nurul Hasan, SMP IT Albina, dan SMA Muhammadiyah.

 

Selain memaparakan bahaya narkoba pemateri juga memberikan materi tentang pentingnya prestasi bagi generasi muda agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hadir dalam pemberian materi tersebut Ismat Ishak, S.Pd, salah satu Alumni Prodi Pendidikan Biologi yang mendapatkan beasiswa LPDP untuk melanjutkan studi S2 di Universitas Brawijaya. Dalam kesempatan tersebut Ismat juga memaparkan trik dan tips meraih beasiswa LPDP. Sementara itu, pemateri lainnya mengangkat topik tentang bahaya AIDS sebagai penyakit menular yang umumnya dekat dengan penyalahan gunaan obat-obat terlarang.

Dalam pelaksanaanya, Tim Pengabdian dosen didukung oleh DIKTI melalui Kepala LPPM Universitas Khairun (Nurhasanah, S.Si., M.Si), selain itu kegiatan ini juga melibatkan guu-guru pendamping dari SMA Nurul Hasan yakni Fauziah Salahuddin, S.Pd; Dahlia, S.Ag dan pendamping dari SMP IT Albina yakni Ahmadyani Lewer, S.Pdi. Turut hadir dalam kegiatan Kepala SMA Muhammadiyah Ternate, Arifin, S.Pd, M.Si serta Kepala SMP IT Albina  Zakiah Ali, S.Pd

Suparman selaku penggagas GEN AKTIF mengatakan, kegiatan penyuluhan ini merupakan momen awal sebagai pemicu pembentukan sekolah model GEN AKTIF. Sehingga ia berharap dalam beberpa bulan kedepan, sekolah model akan mendapat pendampingan oleh Tim GEN AKTIF dengan mencoba mengintegrasikan karakter-karakter posisitif GEN AKTIF dalam kegiatan ekstrakurikulernya.

 

Usai penyuluhan, dilakukan penyematan topi GEN AKTIF oleh Ketua Tim Pengabdian Suparman kepada para pelajar sebagai tanda pengukuhan kader Gen Aktif.

Dirinya berharap agar kegiatan ini mendapat respon dari pihak terkait. “Saya berharap adanya dukungan moril dan materil dari pihak-pihak tertentu yang terkait dengan pembangunan generasi muda yang anti kekerasan dan anti narkoba terutama pihak BNN dan Kepolisian Republik Indonesia” harapnya.

 

 

Berita Lainnya


Kontak Admin
Online Support1Support1
Online Support2Support2
Statistik

369840

Pengunjung hari ini : 61
Total pengunjung : 88290
Hits hari ini : 393
Total Hits : 369840
Pengunjung Online : 3
Ip :
Browser :
Web Link