Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOPenarikan PPL II Tahap II T.A 2016-2017 Tanggal 29 April 2017 Yudisium Fakultas Wisuda Maret 2017 pada Selasa, 7 Pebruari 2017 Ujian Akhir Semester Ganjil 2016/2017 Tanggal 27 Desember 2016 - 4 Januari 2017

KKV Prodi Pendidikan Biologi Melakukan Penyuluhan dan Penanaman Mangrove di Desa Tataleka

Bookmark and Share
Rabu, 16 Agustus 2017 - 10:36:13 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 2 » Prodi

Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unkhair yang terhimpun dalam Kelompok Kajian Vegetasi (KKV) bekerja sama dengan Pusat Studi Mangrove, kembali melakukan kegiatan pengabdian terhadap masyarakat. Setelah sebelumnya sukses  melakukan kegiatan yang sama di desa Tuada Kecamatan Jailolo Halmahera Barat awal April silam, kali ini desa Tataleka yang terletak di Sidangoli didapuk untuk menjadi lokasi pengabdian oleh kelompok kajian  dibawah bimbingan Dr. A.R Tolangara, M. Si.

Kegiatan pengabdian yang berlangsung dari tanggal 5-6 Agustus 2017 di Desa Tataleka kali ini, mengangkat tema “DENGAN MENANAM MANGROVE KITA SELAMATKAN WILAYAH PESISIR”. Seperti pada kegiatan pengabdian sebelumnya kegiatan pengabdian kali ini juga dilakukan 3 rangkain kegiatan yaitu Penyuluhan, Bakti Sosial, dan menanam Mangove.

Kegiatan dibuka oleh kepala BPD desa Tataleka Ahmad Jepi. Dalam penyampaiannya, kepala BPD mengucapkan terima kasih kepada KKV karena telah memilih desa Tataleka sebagai lokasi pengabdian, serta mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama menyukseskan kegiatan pengabdian tersebut.

Kegiatan diawali dengan melakukan penyuluhan kepada warga yang dimulai pada pukul 8 malam bertempat di Balai Desa Tataleka, oleh pembina KKV Dr. A.R. Tolangara, M.Si. Dalam pemaparannya, A.R. Tolangara menyampaikan banyak hal terkait kondisi mangrove di Maluku Utara saat ini.

Mulai dari perilaku masyarakat terhadap mangrove, keuntungan yang dapat diperoleh dari mangrove, serta apa-apa saja yang terjadi jikalau masyarakat menebang mangrove secara serampangan. Hadir dalam penyuluhan ini, selain masyarakat desa Tataleka juga dihadiri para tokoh agama, tokoh pendidikan, serta ketua-ketua RT setempat.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga disuguhkan tarian daerah yang mainkan oleh sanggar KKV guna menghibur masyarakat. Usai penyuluhan dilakukan pemberian sertifikat oleh Pembina KKV kepada masyarakat yang diwakili oleh kepala BPD desa Tataleka.

 

Keesokan harinya, kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan melakukan bakti sosial  dilingkungan desa yang kemudian dilanjutkan dengan menanam ±200 pohon mangrove bersama masyarakat di depan pesisir pantai Desa Tataleka. 

Kegiatan pengabdian kemudian diakhiri dengan jamuan makan siang oleh warga masyarakat desa Tataleka kepada mahasiswa KKV. Sebelum bertolak kembali ke Ternate, para koordinator KKV diantaranya Ramlan Detu, Suratman Sibua, dan Muhammad Rafly serta Pembina KKV Dr. A.R. Tolangara, M.Si menyempatkan bersalaman dengan beberapa masyarakat seraya berpamitan. Mereka turut menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah dengan tulus hati membantu, dan memfasilitasi sehingga kegiatan KKV bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

 

Ditemui selepas kegiatan, Dr. A.R Tolangara, M. Si  berharap agar kegiatan yang telah dilakukan oleh KKV ini, dapat menjadi inspirasi bagi pihak lain yang peduli akan lingkungan khususnya diwilayah pesisir dalam memanfaatkan tanaman mangrove.

“Harapan kami (KKV), nantinya pengabdian ini dapat menginspirasi dan ditularkan  kepada pihak lain agar melakukan hal yang sama atau bahkan dapat melakukan hal yang jauh lebih baik dari kami. Semoga langkah kecil kepedulian kami terhadap masyarakat dan lingkungan dalam kegiatan ini dapat berdampak baik bagi kita semua di masa mendatang” ujarnya.

Berita Lainnya


Kontak Admin
Online Support1Support1
Online Support2Support2
Statistik

401490

Pengunjung hari ini : 108
Total pengunjung : 97006
Hits hari ini : 288
Total Hits : 401490
Pengunjung Online : 4
Ip :
Browser :
Web Link