Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOPenarikan PPL II Tahap II T.A 2016-2017 Tanggal 29 April 2017 Yudisium Fakultas Wisuda Maret 2017 pada Selasa, 7 Pebruari 2017 Ujian Akhir Semester Ganjil 2016/2017 Tanggal 27 Desember 2016 - 4 Januari 2017

Pemberdayaan Sekolah dan Perguruan Tinggi Melalui Media Pembelajaran SIERRA

Bookmark and Share
Rabu, 03 Mei 2017 - 09:33:16 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 2 » Fakultas

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada tanggal 19 dan 20 April 2017 bekerjasama dengan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan didukung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate menyelenggarakan rangkaian kegiatan pengurangan risiko bencana. Fokus kegiatan adalah meningkatkan kemampuan para guru, dosen dan tenaga teknis dalam menggunakan media pembelajaran yang disebut SIERRA.

SIERRA atau SEAMOLEC Educational Resources for Remote Areas merupakan perangkat pembelajaran yang dapat digunakan para siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya dengan mengakses berbagai informasi dengan sistem intranet. Fakultas Geografi  UGM memiliki perjanjian kerjasama dengan SEAMOLEC (SEAMEO Regional Open Learning Centre ) sehingga memperoleh perangkat SIERRA yang dimanfaatkan di area penelitian program CaRED (Community Resilience and Economic Development Programme).

Perangkat tersebut telah ditambahkan pengetahuan tentang kebencanaan oleh tim UGM, Unkhair, dan BPBD Kota Ternate, selain mata pelajaran dasar sesuai kurikulum dari Kementerian. Secara fisiografi, beberapa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di bagian "belakang" Gunung Gamalama mengalami kesulitan akses internet online, karena itu dipilih untuk memperoleh perangkat belajar SIERRA. Sekolah Dasar yang menerima pelatihan dan pendampingan terkait perangkat SIERRA adalah SD Togafo, Takome, dan Dorpedu. Sedangkan dua SD lainnya, yaitu Loto dan Taduma akan diberikan juga pada saat ada mahasiswa kuliah kerja nyata. Sekolah Dasar tersebut pada bulan Juni-Agustus 2017 akan didampingi juga oleh mahasiswa UGM dan Unkhair yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) tematik dan Kubermas.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun juga menerima tiga (3) perangkat SIERRA sebagai salah satu upaya menambah perangkat belajar bagi mahasiswa dan dosen yang bisa dimanfaatkan untuk penelitian, magang, maupun pengabdian. Teknisi di lingkungan FKIP Unkhair dipercaya untuk mengelola perangkat SIERRA tersebut. Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Ternate juga menerima satu unit SIERRA dan akan diserahkan juga ke SMP Negeri 1 Ternate. Kedua sekolah tersebut memiliki siswa-siswa aktif yang diharapkan dapat memanfaatkan SIERRA dalam meningkatkan pengetahuan kebencanaan di lingkungan mereka. Pelatihan SIERRA di FKIP Unkhair diikuti oleh perwakilan program studi di FKIP, teknisi komputer, serta guru  SMA 1 Kota Ternate dan dua orang staf BPBD Kota Ternate.

 

 

 

 

Berita Lainnya


Kontak Admin
Online Support1Support1
Online Support2Support2
Statistik

369885

Pengunjung hari ini : 61
Total pengunjung : 88290
Hits hari ini : 438
Total Hits : 369885
Pengunjung Online : 4
Ip :
Browser :
Web Link