Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOUpacara Bendera Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tgl 2 Mei 2016 di Halaman Gedung FKIP Ujian Tengah Semester (UTS) tanggal 4-9 April 2016 Penarikan PPL II Tahap II Tahun Akademik 2015-2016 Tanggal 22 April 2016

Kuliah Silang Informasi, Program Studi PKn

Bookmark and Share
Jumat, 08 April 2016 - 09:03:53 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 455 » Prodi

Setelah beberapa waktu lalu Program Studi Biologi mengadakan kuliah umum, kali ini giliran Program Studi PKn yang mengadakannya di tempat yang sama di Aula Mini lantai 2 gedung FKIP. Kegiatan tersebut dibuka langsung Dekan FKIP Dr. H.In Hi. Abdullah, M.Si, Kamis kemarin (7/4).

 

Kegiatan yang diberi nama Kuliah Silang Informasi ini mengambil tema “ Kewarganegaraan dan Kemaritiman” dengan menghadirkan 2 narasumber yakni Dr. Syahril Muhammad, M.Hum serta Dr. M. Irfan Koda, M.Si.

Tampil sebagai pembicara pertama Dr. Syahril Muhammad, M.Hum, yang juga dosen PKn memaparkan materinya yang bertajuk “Diaspora dan Dinamika Kewaganegaraan”.

 

Menurut Syahril, latar belakang historis tentang diaspora (penyebaran) orang Indonesia yang meninggalkan kampung halamannya untuk merantau ke luar negeri yang kemudian menetap. Penyebaran orang Indonesia itu dilatarbelakangi peperangan, salah satunya perang Paderi.  

 

Akibat peperangan tersebut masyarakat Mandailing maupun Minangakabau kemudian hijarah ke semenanjung Malaya. Selain itu, penghijarahan juga terjadi pada masa kesultanan Malaka. Dimana orang-orang Bugis, Jawa, Banjar memilih untuk berdagang ke wilayah tersebut dan menetap. Sehingga kemudian terbentuklah masyarakat atau negara Malaysia dan Singapura.

 

 

“Ada beberapa negara yang warga negaranya adalah keturunan Indonesia, selain Malaysia dan Singapura ada juga negara Suriname maupun Belanda” tambahnya.

Disisi lain, Dr. M. Irfan Koda yang menjadi pembicara kedua pada kuliah silang informasi tersebut mengangkat topik tentang “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir”. M. Irfan mengatakan, wilayah pesisir adalah wilayah peralihan antara ekosistem darat dan laut. Ke arah laut 12 mil, dan ke arah darat sampai batas administrasi kecamatan.

 

“Menurut Undang-Undang No. 27 Tahun 2007 yang diubah menjadi Undang-Undang No. 1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil menjelaskan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil memiliki keragaman potensi SDA yang tinggi, dan sangat penting bagi pengembangan sosial,  ekonomi, budaya, lingkungan, dan penyangga kedaulatan bangsa, oleh karena itu perlu  dikelola secara berkelanjutan dan berwawasan global dengan memperhatikan aspirasi dan partisipasi masyarakat, dan tata nilai bangsa” kata M.Irfan yang juga sebagai dosen Perikanan.

Acara ini sendiri dipandu Dr. Syahril Ibnu, M.Ag, selain diikuti puluhan mahasiwa, juga nampak hadir sejumlah dosen PKn.

 

Berita Lainnya


Kontak Admin
Online Support1Support1
Online Support2Support2
Statistik

064756

Pengunjung hari ini : 186
Total pengunjung : 14096
Hits hari ini : 621
Total Hits : 64756
Pengunjung Online : 1
Ip :
Browser :